Waspada Pickey Eater Menyerang Anak Anda

Waspada jika anak anda termasuk dalam pickey eater!
Ketahui ciri dan dampaknya di artikel Agar Anak terhindar dari pickey eater hanya di www.muslimcilik.com
Anak hanya mau makanan sesuai keinginannay? Susah makan karena pilih-pilih makanan?
Itu adalah tanda-tanda pickey eater!
Mungkin terlihat sepele toh yang penting anak masih mau makan.
Waspada bila terus menerus akan ada dampak bahaya bagi si anak loh bun.

Apa sih pickey eater itu?

Picky Eating adalah perilaku anak ketika makan yang ditandai dengan sedikit jumlah pilihan makanan. Contohnya, anak menolak mencoba jenis makanan yang baru (food neophobia), menghindari makanan tertentu yang, da mungkin tidak ia suka dan memperlihatkan sikap memilih makanan yang disukainya saja, seperti melihat makanan  dari segi rasa, bentuk makananya, penampilan serta penyajiannya.

Menurut survei data yang dikutip dari IDAI, di negara Indonesia, 25% anak-anak yang berumur 1-4 tahun dan 33% anak-anak yang berumur 4-6 tahun memiliki permasalahan tentang makan. Tentunya, salah satunya yaitu picky eating atau anak memilih makanan yang ia sukai.

Dampak bahaya picky eating

Bunda harus waspada terhadap pickey eating karena akan berdampak besar jika tidak segera mencari solusinya. Dampak bahaya picky eating selain mempengaruhi tumbuh kembang anak juga akan mempengaruhi hal lainnya seperti:
Perkembangan dan pertumbuhan anak akan terganggu dan tidak optimal karena kurangnya nutrisi makro dan mikro terutama nutrisi otaknya.
Tubuh anak akan rentan terkena penyakit karena kurangnya nutrisi pembentuk sistem imun.
Pertumbuhan badan anak akan menjadi kurang optimal karena picky eating menyebabkan berat badannya turun hingga di bawah normal.

Solusi dengan Metode fun meal bagi  anak yang suka pilih-pilih makanan

Ternyata dampaknya berbahaya ya bun
Agar anak terhindar dari eaty picker berikut muslim cilik berikan sedikit solusi menggunakan metode fun Meal.
1. Makan bersama-sama teman ataupun keluarga
Kegiatan makan bersama terbukti mempunyai pengaruh yang besar terhadap nafsu makan anak yang meningkat. Plusnya, makan bersama membuat anak lebih erat terhadap keluarga ataupun teman-temannya.

2. mengenalkan kepada anak makanan rumahan yang variatif
Agar anak terbiasa dengan menu makanan yang variatif, alangkah baiknya bunda selalu menyediakan makanan dengan menu variatif dan gizi seimbang. Dan jangan lupa untuk selalu memberikan pemahaman pentingnya makan makanan bergizi.
Gak harus mahal kok bun, yang penting segar dan menyehatkan. Untuk panduan menu makanan dapat melihat sesuai dengan Tumpeng Gizi Seimbang yang telah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan.

3. Bersama anak berbelanja kebutuhan Makanan Sehat
Bebelanja makanan sehat bersama anak sekaligus memberikan arahan mana makanan sehat yang dibutuhkan tubuh dan mana makanan yang akan merusak tubuh
4. Kompak memasak bersama anak
Sesekali agendakan kegiatan memasak bersama dan mencoba resep sehat kreatif bersama anak.  Tujuannya supaya anak lebih tertarik, semangat dan tidak merasa bosan untuk makan.
5. Selalu mengenalkan makanan baru dengan cara yang menyenangkan

6. Ajak anak untuk menata meja makan

Diambil dari sumber : asianparent

@muslimcilik