Sudahkah mengenalkan Al-fatihah Pada Anak?

Hati-hati pertanggung Jawaban di Akhirat

Membangun pondasi agama pada diri anak merupakan kewajiabn setiap orang tua. Maka jangan abaikan pendidikan agama pada sikecil ya bunda :) karena di akhirat nanti semua akan dipertanggungjawabkan. selain itu pondasi agam yang kuat akan membuat anak tak goyah oleh hal-hal negatif diluaran sana kelak ketika dia sudah bersosialisasi dengan banyak temannya.


Jangan Lupakan Al-fatihah

Muslimcilik.com kali ini mengutip kisah dari bunda diva dan baiza tentang mengenalkan Al-fatihah kepada putar- putrinya. Berawal ketika 2 anaknya mengunjungi sang nenek dan mereka dengan semangat memeprlihatkan keahlian mereka yang sudah hafal banyak lagu anak- anak.
Sang eyang mendengarkan sambil tersenyum dan memuji, “waah cucuk eyang sudah pintar menyanyi, semua lagu bisa ya, udah hafal al-fatihah belum?”
   
Komentar sang eyang membuat hati bunda Diva dan Baiza serasa tertegur. JLEB !! Plak ! Tiba-tiba seperti ditampar rasanya. hwaa . yang tadinya merasa paling woww karena dia udah bisa nyanyi segala macem, lgsung rasa2nya gimana gituu.
inikan masa golden agenya dia, saat semua yg kita ajarkan, mudah sekali tertanam dibenaknya. knapa ga sekalian diajarin hafalan Alquran aja?
seketika itu juga. pulang dari Rembang dengan perasaan penasaran dan tekat yg menggebu2, mulai pelan2 mengajarkan kakak diva hafalan surat pendek.

Tips Anak Mudah menghafal Al-quran


Salah satu Tips membuat anak cinta Al-quran dan suka mengaji adalah menerapkan metode 'belajar tanpa merasa belajar'
saat sambil main, didalem mobil, bermain, sy ulang2 alfatihah. kakak kurg exited. dilaguin juga kurang seneng. finally dia senengnya apa? saat saya membacanya dgn bacaan yg full of tajwid. dgn bibir dimonyong2in dan pantulan bunyi qolqolah yg menurut dia aneh. lihat begituan dia terkekeh...tpi malah ikut2an..alhamdulillah...sejak saat itu dia mulai seneng ngikutin bundanya baca surat2 pendek. Alfatihah, Al-ikhlas, An-naas, Al Falaq. dsb.
.

dan bacaan surat yg paling ia gemari yaitu Al ikhlas. sambil lari2, main2, sholat, bahkan lgi cebok yg dibaca lantang surah Al ikhlas .
skrg kalo lgi main2 bareng sering tiba2 minta diambilin iqro trus bilang 'bunda nyanyi ngaji yuk? ambilin iqro kakak' (dia blm bisa baca abata sebenernya, cuma persepsi dia, kalau ngaji, pakenya iqro yg dia punya)tunjuk2 halaman suka2 dia aja. bunyinya ya hafalan surat pendeknya.
.
apakah saya memaksakan?
tidak sama sekali. ada kalanya dia ga mood buat hafalan, yaudah saya alihkan dia ke aktivitas lain, seperti main puzzle, mainan bola2 edukatif atau membaca buku. suka2 dia aja moodnya lgi pgn apa.
.

sepertinya sepele, mengajarkan surat2 pendek dan bisa saja kita serahkan pada ustadz atau guru ngaji mereka.
tapi jika kita mau belajar lebih dalam lagi. dampaknya sangat luar biasa buat hidup kita orgtuanya, why?
sepanjang anak kita membaca Alfatihah dan surat2 pendek dalam sholatnya. pahalanya akan menjadi amalan yg tak akan terputus bahkan hingga kita meninggalpun. subhanallah..menshalih/salihahkan anak2 memang harus dimulai sedini mungkin ya, karena mereka adalah investasi dunia dan akhierat ayah dan bundanya. .
Mengajarkan Alquran sedini mungkin, adalah salah satu cara membondingkan anak2 dgn Alquran dan Penciptanya. .
tak ada salahnya kita mengajarkan lagu2 pada anak2, toh juga bermanfaat untuk kecerdasan emosional mereka. namun akan lebih bermanfaat lgi, jika kita selingi lagu2 mereka dgn lantunan hafalan Alquran.
.
lagi2 yukk seimbangkan kecerdasan Intelegent(IQ), kecerdasan Emosional(EQ) dan kecerdasan Spiritual(SQ) anak2 mulai sedini mungkin.
.
salam hangat
bundanya diva dan baiza

@muslimcilik