Anak Pemberontak? terapkan 4 Metode Tepat agar Anak Patuh dan Mau Mendengarkan Perintah Orang Tua

Agar Anak Patuh Kepada Orang Tua

Anak anda tidak pernah mendengar perintah anda?
Atau anak sering melanggar perintah?
Atau keinginannya ingin selalu diturutI?
Problem seperti ini menjadi masalah utama sebagaian orang tua jaman sekarang. Jangan biasakan terus menurus ini terjadi pada anak anda, karena anak bisa tumbuh menjadi manja dan mereka merasa semua keinginannya harus dipenuhi.

Lalu bagaimanakah solusinya??
Berikut muslim cilik berikan tips cara tepat agar anak mau mendengarkan perintah dan tidak memakasakan kehendaknya sendiri
Agar Anak Patuh

4 Metode Tepat agar Anak Mau Mendengarkan Perintah Orang Tua


1. Sediakan waktu untuk mendengar mereka

Ketika Anda memberikan perintah, bukan berarti Anda tidak mau mendengar keluhan anak-anak. Bisa saja mereka sedang capek setelah belajar, sedang bete dengan suasana sekolah, atau masalah lainnya yang bisa mereka alami.
Memberikan perhatian dengan mendengarkan, adalah kunci dari metode mendidik anak yang baik. ketika Anda menunjukkan perhatian dengan sikap mau mendengarkan keluhan mereka, atau peka bahwa mereka sedang kesal dengan masalah mereka, maka anak-anak secara otomatis akan mau menuruti  perintah Anda.

2. Selau memanggil dengan Nama Mereka

Tidak ada orang yang suka dengan teriakan, begitupun anak-anak, karena teriakan akan membangkitkan emosi. Jadi hindari meneriaki anak anda.
Sebelum memberikan perintah, pastikan anda memanggil nama mereka, di mana mereka bermain. Saat anak sudah  menoleh dan memperhatikan,  barulah anda katakan apa yang Anda inginkan dari mereka.

3. jangan lupa untuk menatap matanya

Tatapan mata orang tua mempunyai kekuatan untuk memperlihatkan perasaan. Ketika orang tua menatap mata sang anak, maka anak akan merasakan bahwa orang tuanya memberikan perhatian, bukan marah penuh amarah.
Ketika menatap mata anak, Anda dapat memahami apakah mereka benar-benar mendengarkan atau mengabaikan perintah Anda. Melalui tatapan  mata, Anda memperlihatkan kepada anak bahwa Anda peduli dengan mereka dan mau mendengar dan merasakan apa yang mereka rasakan.

4. Renungi dan instropeksi Diri

Terkadang orang tua tidak sadar bahwa perilaku mereka yang menjadikan anak tidak membangkang, seperti mereka lupa bahwa mereka pun sering ingkar janji. Intropeksi diri terkadang terabaikan oleh sebagain orang tua mereka kerap memusatkan kesalahan pada anak. Bagaimana bisa anak mau mendengarkan perintah orang tuanya, sedangkan sang orang tua sering  tidak konsisten dengan ucapannya maupun perilakunya?
Perkataan orang tuapun tidak lagi sakti dan terabaikan.orang tua acapkali memarahi anak karena melakukan suatu yang sebenarnya sering kitacontohkan kepada anak tanpa kita sadari. Hal inilah yang seharusnya orang tua perhatikan dalam mengaplikasikan berbagai metode cara mendidik anak.

Selamat mencoba tips dalam artikel salah satu metode mendidik anak yaitu cara tepat agar anak patuh dan mendengarkan perintah orang tua.

@muslimcilik