10 kegiatan seru unutk mengisi liburan anak
Lihat Detail
Bayi dalam fase Wonder Weeks?
Lihat Detail
5 cara Kreatif Belajar Berhitung untuk Anak
Lihat Detail
Kreasi Tutup Botol, Bisa menjadi Teman Belajar Anak yang Seru
Lihat Detail
Sudahkah mengenalkan Al-fatihah Pada Anak?
Lihat Detail

Sudahkah mengenalkan Al-fatihah Pada Anak?

Hati-hati pertanggung Jawaban di Akhirat

Membangun pondasi agama pada diri anak merupakan kewajiabn setiap orang tua. Maka jangan abaikan pendidikan agama pada sikecil ya bunda :) karena di akhirat nanti semua akan dipertanggungjawabkan. selain itu pondasi agam yang kuat akan membuat anak tak goyah oleh hal-hal negatif diluaran sana kelak ketika dia sudah bersosialisasi dengan banyak temannya.


Jangan Lupakan Al-fatihah

Muslimcilik.com kali ini mengutip kisah dari bunda diva dan baiza tentang mengenalkan Al-fatihah kepada putar- putrinya. Berawal ketika 2 anaknya mengunjungi sang nenek dan mereka dengan semangat memeprlihatkan keahlian mereka yang sudah hafal banyak lagu anak- anak.
Sang eyang mendengarkan sambil tersenyum dan memuji, “waah cucuk eyang sudah pintar menyanyi, semua lagu bisa ya, udah hafal al-fatihah belum?”
   
Komentar sang eyang membuat hati bunda Diva dan Baiza serasa tertegur. JLEB !! Plak ! Tiba-tiba seperti ditampar rasanya. hwaa . yang tadinya merasa paling woww karena dia udah bisa nyanyi segala macem, lgsung rasa2nya gimana gituu.
inikan masa golden agenya dia, saat semua yg kita ajarkan, mudah sekali tertanam dibenaknya. knapa ga sekalian diajarin hafalan Alquran aja?
seketika itu juga. pulang dari Rembang dengan perasaan penasaran dan tekat yg menggebu2, mulai pelan2 mengajarkan kakak diva hafalan surat pendek.

Tips Anak Mudah menghafal Al-quran


Salah satu Tips membuat anak cinta Al-quran dan suka mengaji adalah menerapkan metode 'belajar tanpa merasa belajar'
saat sambil main, didalem mobil, bermain, sy ulang2 alfatihah. kakak kurg exited. dilaguin juga kurang seneng. finally dia senengnya apa? saat saya membacanya dgn bacaan yg full of tajwid. dgn bibir dimonyong2in dan pantulan bunyi qolqolah yg menurut dia aneh. lihat begituan dia terkekeh...tpi malah ikut2an..alhamdulillah...sejak saat itu dia mulai seneng ngikutin bundanya baca surat2 pendek. Alfatihah, Al-ikhlas, An-naas, Al Falaq. dsb.
.

dan bacaan surat yg paling ia gemari yaitu Al ikhlas. sambil lari2, main2, sholat, bahkan lgi cebok yg dibaca lantang surah Al ikhlas .
skrg kalo lgi main2 bareng sering tiba2 minta diambilin iqro trus bilang 'bunda nyanyi ngaji yuk? ambilin iqro kakak' (dia blm bisa baca abata sebenernya, cuma persepsi dia, kalau ngaji, pakenya iqro yg dia punya)tunjuk2 halaman suka2 dia aja. bunyinya ya hafalan surat pendeknya.
.
apakah saya memaksakan?
tidak sama sekali. ada kalanya dia ga mood buat hafalan, yaudah saya alihkan dia ke aktivitas lain, seperti main puzzle, mainan bola2 edukatif atau membaca buku. suka2 dia aja moodnya lgi pgn apa.
.

sepertinya sepele, mengajarkan surat2 pendek dan bisa saja kita serahkan pada ustadz atau guru ngaji mereka.
tapi jika kita mau belajar lebih dalam lagi. dampaknya sangat luar biasa buat hidup kita orgtuanya, why?
sepanjang anak kita membaca Alfatihah dan surat2 pendek dalam sholatnya. pahalanya akan menjadi amalan yg tak akan terputus bahkan hingga kita meninggalpun. subhanallah..menshalih/salihahkan anak2 memang harus dimulai sedini mungkin ya, karena mereka adalah investasi dunia dan akhierat ayah dan bundanya. .
Mengajarkan Alquran sedini mungkin, adalah salah satu cara membondingkan anak2 dgn Alquran dan Penciptanya. .
tak ada salahnya kita mengajarkan lagu2 pada anak2, toh juga bermanfaat untuk kecerdasan emosional mereka. namun akan lebih bermanfaat lgi, jika kita selingi lagu2 mereka dgn lantunan hafalan Alquran.
.
lagi2 yukk seimbangkan kecerdasan Intelegent(IQ), kecerdasan Emosional(EQ) dan kecerdasan Spiritual(SQ) anak2 mulai sedini mungkin.
.
salam hangat
bundanya diva dan baiza

Waspada Pickey Eater Menyerang Anak Anda
Lihat Detail

Waspada Pickey Eater Menyerang Anak Anda

Waspada jika anak anda termasuk dalam pickey eater!
Ketahui ciri dan dampaknya di artikel Agar Anak terhindar dari pickey eater hanya di www.muslimcilik.com
Anak hanya mau makanan sesuai keinginannay? Susah makan karena pilih-pilih makanan?
Itu adalah tanda-tanda pickey eater!
Mungkin terlihat sepele toh yang penting anak masih mau makan.
Waspada bila terus menerus akan ada dampak bahaya bagi si anak loh bun.

Apa sih pickey eater itu?

Picky Eating adalah perilaku anak ketika makan yang ditandai dengan sedikit jumlah pilihan makanan. Contohnya, anak menolak mencoba jenis makanan yang baru (food neophobia), menghindari makanan tertentu yang, da mungkin tidak ia suka dan memperlihatkan sikap memilih makanan yang disukainya saja, seperti melihat makanan  dari segi rasa, bentuk makananya, penampilan serta penyajiannya.

Menurut survei data yang dikutip dari IDAI, di negara Indonesia, 25% anak-anak yang berumur 1-4 tahun dan 33% anak-anak yang berumur 4-6 tahun memiliki permasalahan tentang makan. Tentunya, salah satunya yaitu picky eating atau anak memilih makanan yang ia sukai.

Dampak bahaya picky eating

Bunda harus waspada terhadap pickey eating karena akan berdampak besar jika tidak segera mencari solusinya. Dampak bahaya picky eating selain mempengaruhi tumbuh kembang anak juga akan mempengaruhi hal lainnya seperti:
Perkembangan dan pertumbuhan anak akan terganggu dan tidak optimal karena kurangnya nutrisi makro dan mikro terutama nutrisi otaknya.
Tubuh anak akan rentan terkena penyakit karena kurangnya nutrisi pembentuk sistem imun.
Pertumbuhan badan anak akan menjadi kurang optimal karena picky eating menyebabkan berat badannya turun hingga di bawah normal.

Solusi dengan Metode fun meal bagi  anak yang suka pilih-pilih makanan

Ternyata dampaknya berbahaya ya bun
Agar anak terhindar dari eaty picker berikut muslim cilik berikan sedikit solusi menggunakan metode fun Meal.
1. Makan bersama-sama teman ataupun keluarga
Kegiatan makan bersama terbukti mempunyai pengaruh yang besar terhadap nafsu makan anak yang meningkat. Plusnya, makan bersama membuat anak lebih erat terhadap keluarga ataupun teman-temannya.

2. mengenalkan kepada anak makanan rumahan yang variatif
Agar anak terbiasa dengan menu makanan yang variatif, alangkah baiknya bunda selalu menyediakan makanan dengan menu variatif dan gizi seimbang. Dan jangan lupa untuk selalu memberikan pemahaman pentingnya makan makanan bergizi.
Gak harus mahal kok bun, yang penting segar dan menyehatkan. Untuk panduan menu makanan dapat melihat sesuai dengan Tumpeng Gizi Seimbang yang telah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan.

3. Bersama anak berbelanja kebutuhan Makanan Sehat
Bebelanja makanan sehat bersama anak sekaligus memberikan arahan mana makanan sehat yang dibutuhkan tubuh dan mana makanan yang akan merusak tubuh
4. Kompak memasak bersama anak
Sesekali agendakan kegiatan memasak bersama dan mencoba resep sehat kreatif bersama anak.  Tujuannya supaya anak lebih tertarik, semangat dan tidak merasa bosan untuk makan.
5. Selalu mengenalkan makanan baru dengan cara yang menyenangkan

6. Ajak anak untuk menata meja makan

Diambil dari sumber : asianparent

Anak Pemberontak? terapkan 4 Metode Tepat agar Anak Patuh dan Mau Mendengarkan Perintah Orang Tua
Lihat Detail

Anak Pemberontak? terapkan 4 Metode Tepat agar Anak Patuh dan Mau Mendengarkan Perintah Orang Tua

Agar Anak Patuh Kepada Orang Tua

Anak anda tidak pernah mendengar perintah anda?
Atau anak sering melanggar perintah?
Atau keinginannya ingin selalu diturutI?
Problem seperti ini menjadi masalah utama sebagaian orang tua jaman sekarang. Jangan biasakan terus menurus ini terjadi pada anak anda, karena anak bisa tumbuh menjadi manja dan mereka merasa semua keinginannya harus dipenuhi.

Lalu bagaimanakah solusinya??
Berikut muslim cilik berikan tips cara tepat agar anak mau mendengarkan perintah dan tidak memakasakan kehendaknya sendiri
Agar Anak Patuh

4 Metode Tepat agar Anak Mau Mendengarkan Perintah Orang Tua


1. Sediakan waktu untuk mendengar mereka

Ketika Anda memberikan perintah, bukan berarti Anda tidak mau mendengar keluhan anak-anak. Bisa saja mereka sedang capek setelah belajar, sedang bete dengan suasana sekolah, atau masalah lainnya yang bisa mereka alami.
Memberikan perhatian dengan mendengarkan, adalah kunci dari metode mendidik anak yang baik. ketika Anda menunjukkan perhatian dengan sikap mau mendengarkan keluhan mereka, atau peka bahwa mereka sedang kesal dengan masalah mereka, maka anak-anak secara otomatis akan mau menuruti  perintah Anda.

2. Selau memanggil dengan Nama Mereka

Tidak ada orang yang suka dengan teriakan, begitupun anak-anak, karena teriakan akan membangkitkan emosi. Jadi hindari meneriaki anak anda.
Sebelum memberikan perintah, pastikan anda memanggil nama mereka, di mana mereka bermain. Saat anak sudah  menoleh dan memperhatikan,  barulah anda katakan apa yang Anda inginkan dari mereka.

3. jangan lupa untuk menatap matanya

Tatapan mata orang tua mempunyai kekuatan untuk memperlihatkan perasaan. Ketika orang tua menatap mata sang anak, maka anak akan merasakan bahwa orang tuanya memberikan perhatian, bukan marah penuh amarah.
Ketika menatap mata anak, Anda dapat memahami apakah mereka benar-benar mendengarkan atau mengabaikan perintah Anda. Melalui tatapan  mata, Anda memperlihatkan kepada anak bahwa Anda peduli dengan mereka dan mau mendengar dan merasakan apa yang mereka rasakan.

4. Renungi dan instropeksi Diri

Terkadang orang tua tidak sadar bahwa perilaku mereka yang menjadikan anak tidak membangkang, seperti mereka lupa bahwa mereka pun sering ingkar janji. Intropeksi diri terkadang terabaikan oleh sebagain orang tua mereka kerap memusatkan kesalahan pada anak. Bagaimana bisa anak mau mendengarkan perintah orang tuanya, sedangkan sang orang tua sering  tidak konsisten dengan ucapannya maupun perilakunya?
Perkataan orang tuapun tidak lagi sakti dan terabaikan.orang tua acapkali memarahi anak karena melakukan suatu yang sebenarnya sering kitacontohkan kepada anak tanpa kita sadari. Hal inilah yang seharusnya orang tua perhatikan dalam mengaplikasikan berbagai metode cara mendidik anak.

Selamat mencoba tips dalam artikel salah satu metode mendidik anak yaitu cara tepat agar anak patuh dan mendengarkan perintah orang tua.

Scroll to top